Jalan-jalan Ke Replika Pagoda Shwedagon Pagoda Tertinggi dan Termegah di Indonesia Yang Terletak Di Taman Alam Lumbini Berastagi Sumatera Utara

replika pagoda schedagon di indonesia

Mumpung istri lagi libur bersama Idul Fitri 2016, maka kami merencanakan untuk jalan-jalan ke Pagoda Shwedagon, Pagoda Tertinggi dan Termegah di Indonesia yang terletak di Taman Alam Lumbini Berastagi, Sumatera Utara.

Kami berangkat dari kota Medan pukul 7 pagi (Senin, 4 Juli 2016). Agar terhindar dari macet dan bisa mendapatkan "spot" foto yang bagus di lokasi pagoda. Pagoda Taman Alam Lumbini ini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sekitar 55 km dari kota Medan.

Setelah kurang lebih 1,5 jam, maka kami tiba di satu pertigaan yang ditandai dengan adanya tugu buah jeruk. Di tugu ini kami berbelok ke kiri. Dari pertigaan ini letak Vihara Lumbini Berastagi ini tidak terlalu jauh. Hanya saja marka atau tanda petunjuk menuju lokasi kurang begitu jelas. Sekitar 200-300 meter dari tugu jeruk maka di sebelah kanan ada semacam pos untuk ke lokasi.

pos keamanan di pagoda taman lumbini

Di pos ini tercantum jam buka Pagoda Taman Wisata Lumbini Berastagi untuk umum dari jam 09.00 sampai 17.00 sedangkan untuk mereka yang ingin sembahyang dibuka dari pukul 09.00 sampai 18.00. Di sepanjang jalan menuju areal parkir Pagoda ini terdapat kebun strawberry Berastagi. Di kebun ini Anda dapat panen atau petik sendiri.

Pagoda Taman Alam Lumbini mulai dibangun sejak 2007 dan selesai serta diresmikan pada October 2010. Pagoda ini merupakan replika dari "Shwedagon Pagoda" yang ada di Yangon, Myanmar.

Sebelum kita memasuki areal Pagoda, maka pengunjung diwajibkan mengisi buku tamu dan dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam area Pagoda. Semua tas pengunjung akan diperiksa oleh petugas keamanan.

Tempat wisata selain Pagoda Taman Wisata Lumbini di MedanBerlibur ke Medan? Inilah 10 Tempat Wisata di Medan Yang Wajib Dikunjungi Di Tahun 2016

Bangunan Pagoda Taman Lumbini ini berdiri kokoh cantik, indah, dan megah serta didominasi dengan warna keemasan yang membuat Pagoda ini terlihat sangat mewah.

Replika Pagoda Shwedagon Di Taman Alam Lumbini


Replika Pagoda Shwedagon Di Taman Alam Lumbini Berastagi

Saat akan masuk ke dalam area utama Pagoda maka pengunjung diharuskan untuk melepas alas kaki. Tempatkanlah sepatu atau sandal Anda di rak tempat sepatu atau sandal yang telah disediakan.

Mencari tempat ngopi di Medan? Baca ini: Inilah Salah Satu Tempat Ngopi Yang Enak Dan Murah Di Kota Medan

Memasuki area dalam Pagoda ini akan terasa sejuk dan damai. Suasana hening sangat terasa. Di bagian tengahnya ada empat rupang Buddha yang berukuran sedang dengan posisi tangan yang berbeda serta masing-masing rupang ini menghadap ke empat sisi ruangan. Bagian tengah ini dijadikan sebagai area bagi para pengunjung yang hendak bersembahyang. 

tempat sembahyang di dalam pagoda taman lumbini

ruangan utama di bagian dalam pagoda taman lumbini

Replika Pagoda Shwedagon ini mempunyai empat buah pintu yang berukuran besar yang semuanya dihias dengan ornamen yang sangat indah dan detail. Ada sekitar 2.958 rupang Buddha, 30 rupang Arahat dan 108 relik suci yang hampir semuanya dibawa langsung dari Myanmar. Dan itu termasuk puncak Pagoda setinggi 46.8 meter di atas stupa.

salah satu pintu dengan ornamen yang indah di pagoda taman alam lumbini

Pagoda ini tidak pernah sepi dari para pengunjung, terutama di akhir pekan atau hari libur. Kami beruntung datang di pagi hari saat pengunjung belum ramai. Di bagian dalam Pagoda ada beberapa "wishing tree" dimana para pengunjung dapat menuliskan apa yang sedang mereka harapkan pada sebuah kertas dan meletakkanya di 'wishing tree' tersebut. 

wishing tree di samping rupang budha

Di sekeliling komplek Pagoda yang memiliki luas sekitar 3 hektar ini juga terdapat taman-taman yang indah, permainan anak, jembatan gantung, toko sovenir dan lain sebagainya. Juga disediakan toilet yang terawat dan bersih.

Di sekeliling taman-taman ini tercantum tanda dilarang merokok. Namun sayang, beberapa pengunjung mengabaikan larangan ini dan merokok dengan santainya.

Pagoda  Taman Alam Lumbini memiliki tinggi sekitar 46.8 meter, panjang 68 meter dan lebar 68 meter. Replika Pagoda Shwedagon adalah replika tertinggi kedua di antara replika sejenis di luar negeri yang berada di Birma. Dan merupakan Pagoda yang tertinggi di Indonesia serta telah meraih rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan kategori Pagoda Tertinggi di Indonesia.

Untuk masuk ke Taman Alam Lumbini ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun jika Anda ingin menyumbang secara sukarela Anda dapat memasukan sumbangan Anda ke dalam kotak donasi yang telah disediakan. 

stupa replika pagoda shwedagon di berastagi sumatera utara


stupa replika pagoda shwedagon di vihara lumbini berastagi

Setelah puas mengelilingi komplek Pagoda dan mendapatkan beberapa foto yang bagus, maka kami mencari makan siang ke Berastagi dengan melewati Bukit Gundaling Berastagi.

Jika ingin melihat video Pagoda ini, ada di video berikut ini:


Nah, bagi Anda yang sedang ada di Medan atau sedang merencanakan jalan-jalan ke Sumatera Utara, jangan lupa untuk berkunjung ke replika Pagoda Shwedagon pagoda tertinggi dan termegah di Indonesia yang terletak di Taman Alam Lumbini Berastagi Sumatera Utara. Semoga bermanfaat.

*semua foto adalah koleksi pribadi.

---------------------------------------------------------------------


Siapa tau ada yang mau belajar bisnis online atau internet marketing. 
Ini ada teman yang nitip bannernya. 
Sila di klik:

0 komentar: